Nyai. Hj. Qurrotul Faizah; Istikamah di Jalan Perjuangan

Nyai. Hj. Qurrotul Faizah; Istikamah di Jalan Perjuangan

 

Kilas Balik Nyai Faizah

Nyai Faizah adalah sapaan akrab Nyai. Hj. Qurrotul Faizah, putri sulung dari pasangan K.H.R. Dhofir Munawwar dan Nyai. Hj. Zainiah As’ad, beliau memiliki 4 saudara. Adik pertamanya bernama Tadzkirah,  yang wafat saat berusia 5 tahun sebab terkena virus cacar dan pihak medis saat itu belum menemukan vaksin untuk virus cacar. Kedua, Nyai. Hj. Uswatun Hasanah pemangku asrama Nurul Qoni putri. Ketiga, Nyai. hj. Hani’, pemangku pertama asrama Ma’had Aly putri dan yang terakhir pengasuh pesantren Salafiyah Syafiiyah, yakni KHR Ahmad Azaim Ibrahimy.

Nyai Faizah menempuh pendidikan di tempat kelahirannya yakni  desa Sukorejo, kecamatan Banyuputih, Situbondo di pesantren yang diasuh oleh kakeknya sendiri, yakni KHR Asa’d Syamsul Arifin. Di usia yang relatif muda, beliau telah dinikahkan oleh kiai As’ad dengan pengasuh Pondok Pesantren Darussalam di desa Kajar Harjo, Kalibaru, Banyuwangi, yakni Kiai Syamsul Arifin Afifi atau biasa di kenal dengan Kiai Maimun. Setelah 2 bulan menikah, beliau ikut suaminya ke Banyuwangi untuk melanjutkan perjuangan almarhum abah suaminya.

Kiai Maimun adalah salah satu putra yang dianggap mungkin untuk menggantikan perjuangan abahnya dikarenakan saudaranya yang lain memiliki rumah yang lumayan jauh dari Banyuwangi.

Di pesantren Darussalam, Nyai Faizah mengajarkan beberapa kitab kepada santrinya, seperti Safīnah dan Sullām al-Taufīq. Bekal yang beliau punya awalnya tidaklah banyak, hanya ilmu yang beliau pelajari di pesantren kakeknya dan ditambah dengan ilmu yang diajarkan oleh suami tercinta dengan cara talaqqi sebelum mengajar.

selengkapnya baca Majalah Tanwirul Afkar Edisi 458

2 thoughts on “Nyai. Hj. Qurrotul Faizah; Istikamah di Jalan Perjuangan

  1. Sangat merindukan sosok sprti beliau yang punya doa begitu menggetarkan jiwa dan sanggup membuat menangis yg mendengarkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *