Kontemporer

Dari Emmanuel Macron Hingga Boikot Brutal

Ramai di jagad medsos, sebuah video yang memperlihatkan beberapa orang di Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur menghancurkan ratusan botol mineral yang diduga Produk Prancis. Aksi tersebut merupakan buntut dari pernyataan Presiden Prancis yang dianggap telah menghina Kanjeng Nabi Muhammad Saw.

Hal serupa juga terjadi di Menteng Jakarta Pusat, sekelompok orang mengunjungi Toko Indomaret di Jalan Jauhar Menteng untuk membeli Produk Prancis. Selepas itu, mereka membawa barang belanjaanya ke halaman komplek raya 58 untuk dibakar.

“kita telah melakukan aksi simbolis sebagai bentuk kekecewaan terhadap Presiden Prancis” tutur Diko Nugraha, salah satu dari meraka. Pertanyaannya sekarang, apakah aksi semacam itu dibenarkan? Memandang pelbagai makanan dan minuman disia-siakan tanpa guna.

Allah Swt berfirman dalam surat al-Isra’ ayat 26-27,

وَلَا تُبَذِّرْ تَبْذِيرًا (26) إِنَّ الْمُبَذِّرِينَ كَانُوا إِخْوَانَ الشَّيَاطِينِ وَكَانَ الشَّيْطَانُ لِرَبِّهِ كَفُورًا (27)

Artinya, janganlah kamu menghambur-hamburkan harta secara boros. Sesungguhnya para pemboros merupakan saudaranya syetan, Sementara syetan telah kufur kepada Tuhannya.

Menengok surat al-Isra’ ayat 26-27 itu, pada dasarnya Allah Swt memerintahkan kita supaya pandai dalam hal menjaga serta mengelola harta. Salah satunya adalah menghindar dari sifat boros (tabzir) sebagaimana ayat di atas. Menurut Imam Syafi’i, tabzir adalah menggunakan harta bukan pada tempatnya, tentu hukumnya haram. Disebutkan dalam kitab Faidul Qadir karya Muhammad Abdul Rauf al-Manawi,  mengelola dan menggunakan harta dijalan yang tidak disyariatkan serta dapat mengantarkan kepada hal yang tak bermanfaat dan terlarang merupakan tindakan tabzir.

Bukan hanya al-Qur’an bung, hadispun mengecam perbuatan orang yang boros.

عن أبي هريرة رضي الله عنه قال: قال رسول الله صلّى الله عليه وسلم: “إن الله يرضى لكم ثلاثاً، ويكره لكم ثلاثاً. فيرضى لكم أن تعبدوه ولا تشركوا به شيئاً، وأن تعتصموا بحبل الله جميعاً، ولا تفرقوا. ويكره لكم، قيل وقال، وكثرة السؤال، وإضاعة المال

Artinya, dari Abi Hurairah Nabi Muhammad bersabda, sesungguhnya Allah Swt rela terhadap tiga hal bagi kalian dan murka apabila kalian melakukan tiga hal. Allah ridha jika kalian menyembah-Nya dan tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apapun, dan (Allah ridla) jika kalian berpegang pada tali Allah seluruhnya dan kalian saling menasehati terhadap para penguasa yang mengatur urusan kalian. Allah murka jika kalian sibuk dengan desas-desus, banyak mengemukakan pertanyaan yang tidak berguna serta memnyia-nyiakan harta.”

Ulama silang pendapat mengenai tafsir dari redaksi idhaatul al-mal (menyia-nyiakan harta). Said bin Jabir mengatakan, ketika Allah Swt memberikan rezeki kepada hamba-Nya, lantas harta tersebut digunakan untuk melakukan sesuatu yang diharamkan, maka ia termasuk orang yang idhaatul al-mal dan wajib masuk neraka. adapun Imam Malik berpendapat bahwa idhaatul al-mal adalah Berlebihan dalam mengelola dan menggunakan harta sekalipun disalurkan terhadap sesuatu yang halal.

Di samping itu, secara logika, harta merupakan salah satu wasilah (perantara)  untuk menghambakan diri kepada-Nya. Bukankah mustahil bagi kita masih bisa berasyik ria menyembah tuhan di saat Anak, ayah, ibu, istri, teangga dan orang tersayang lainnya berteriak histeris sebab perut belum berisi sebutir nasipun. Dari sini kita tahu  bahwa posisi harta sangatlah vital sehingga bila dianugerahkan kelebihan harta apalagi pas-pasan, seharusnya dijaga dan dikelola dengan baik.

Alakullihal, tindakan aksi pembakaran dan pengrusakan Produk Prancis tidak bisa dibenarkan, karena hal tersbut termasuk perbuatan tabzir atau idhahatul al-Mal. Penulis bukannya membela Presiden Prancis bung, sama sekali tidak.  Namun mari ekspresikan kekecewaan kita dengan cara yang lebih maslahat. Bukankah masih banyak cara? Janganlah membiasakan diri menghilangkan kemudaratan dengan cara mendatangkan kemudaratan lainnya,

الضَّرَرُ لَا يُزَالُ بِمِثْلِهِ

Artinya, kemudaratan jangan dihilangkan dengan kemudaratan

Penulis: Admin Tanwirul Afkar

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *