Berita Utama

Kupas Tuntas Hukum Waris Bersama Ust. Wandi Isdianto, S.Sy.

Tanggal 16 Juni 2021 pukul 22.20 WIB, suasana ruang perpustakaan Ma’had Aly Salafiyah Syafi’iyah putra tampak lengang. Menyisakan beberapa panitia yang bertugas membereskan lokasi selepas acara penutupan pelatihan akademik dengan materi bab mawaris. Pelatihan tersebut diselenggarakan oleh Dewan Eksekutif Ma’had Aly putri sebagai program tahunan divisi pendidikan. Kegiatan ini diadakan selama 2 hari 3 malam terhitung semenjak hari Senin, 14 Juni 2021 s/d 16 Juni 2021 dengan lima kali tatap muka sekaligus penutupan.

Ust. Wandi Isdianto, S.Sy., salah satu musyrif (dosen muda) di Ma’had Aly Situbondo selaku tutor dalam pelatihan ini, mengupas tuntas seputar pembelajaran mawaris dasar secara singkat dan mudah. Hal tersebut menyebabkan mata pelajaran yang banyak pihak bahkan mengeluh perihal kerumitannya menjadi kajian yang cukup menyenangkan. Namun sebelumnya Ust. Izzul Madid, M.Pd., salah satu dosen tetap di Ma’had Aly Situbondo telah terlebih dahulu memberikan pengantar seputar materi pembahasan pada pertemuan pertama. Pengantar yang beliau maksudkan bukanlah perihal persentase pembagian warisan terhadap ahli waris, melainkan materi matematika dasar yang berkaitan dengan penghitungan hak waris, seperti kelipatan persekutuan terkecil (KPK). Sementara pembahasan lanjutan mengenai bagian zawil furud, zawil ta’shib, dan zawil arham  diisi oleh Ust. Wandi dalam empat kali pertemuan. Tak luput juga pembahasan tentang tatacara dan praktik menghitung bagian ahli waris beserta persoalan rad, ‘aul, dan gharawain.

Kegiatan pelatihan yang dimoderatori oleh saudari Hanuf Ufil Kaila ini diikuti oleh seluruh mahasantri putri Ma’had Aly Marhalah Ula dan Marhalah Tsaniyah beserta mahasantri baru tahun 2021. Para peserta tampak begitu bersemangat mengikuti agenda acara, terlihat dari keaktifan mereka dalam berdiskusi dan menjawab pertanyaan. Selain itu, barangkali tutor yang lumayan menarik dan sedikit humoris makin menambah suasana belajar lebih mengasyikkan.

Puncak penutupan kegiatan yang diselenggarakan tadi malam sejak pukul 20.00 WIB terbilang cukup meriah meski terkesan sederhana. Sebelum itu, tutor menyampaikan materi terakhir dari rangkaian agenda pelatihan, yakni tentang gharawain. Lantas dilanjutkan dengan pemberian cinderamata kepada tutor dan penghargaan kepada 11 peserta teraktif. Beranjak sekitar pukul 21.00 WIB, penutupan acara diisi dengan beragam penampilan yang disajikan para peserta pada masing-masing angkatan. Penampilan-penampilan tersebut sebagian berisi tentang materi sepanjang pelatihan yang kemudian mereka bawakan dalam bentuk puisi, sing-off, karaoke, cover lagu, dan lain sebagainya. Seluruh penampilan tersebut dipersembahkan khusus untuk tutor sebagai pengganti ucapan terima kasih atas kesediaannya menularkan banyak ilmu. Kemudian pamungkas acara adalah foto bersama tutor dengan masing-masing angkatan.

Reporter: Kholidatul Isnaini

No Article rating
0 Reviews
Rating Tanwirul Afkar
  1. .
  2. .
  3. .
  4. .
  5. .

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *