Bahtsul Masail Berita Utama

BahZOOMmasail: Dana Qurban Untuk Korban?

Corona masih menebar ancaman. Semakin hari, korbannya terus bertambah tidak terbendung. Di tanah air, lonjakannya  bertambah berkali lipat. Tidak heran jika Indonesia masuk peringkat keempat korban covid terbanyak di dunia. Sebuah prestasi yang tidak kita harapkan.

Bahkan, banyaknya korban covid membuat sejumlah rumah sakit di beberapa kota besar over capacity. Dampaknya pelayanan rumah sakit tidak maksimal dan ini tentu memperburuk situasi.

Tidak hanya itu, banyaknya korban covid berbanding lurus dengan membengkaknya biaya perawatan pasien covid, sementara anggaran untuk itu terbatas. Perlu upaya-upaya secara mandiri untuk mengatasi problem pembiayaan ini.

Salah satu upaya itu bisa dimulai dari memanfaatkan momentum Idul Adha. Idul Adha yang identik dengan kegiatan kurban perlu didayafungsikan sebagai sumber tambahan biaya penanganan korban covid. Jika potensi ini bisa dikelola secara profesional maka akan menghasilkan dana yang fantastis.

Akan tetapi, realisasi swadaya ini membutuhkan legalitas dan kepastian hukum secara fikih.

Untuk itu, kami berupaya menggelar #BahZOOMmasail dengan mengusung pertanyaan utama: dapatkah dana kurban dialokasikan untuk membantu para korban terdampak?

Simak selengkapnya pada Minggu, 11 Juli 2021, pukul: 09.00 WIB. Bagi yang hendak bergabung kami tunggu di ruang zoom. Akan disiarkan langsung juga via channel YouTube: Ma’had Aly Situbondo.

Hadir sebagai Musahhih: K. H. Afifuddin Muhajir. Sementara kursi perumus akan diisi oleh Dr. Imam Nahei, Dr. Muhyiddin Khatib, Ust. Khairuddin Habziz, dan Ust. Nurudholam.

5.0/5.0 Article rating
1 Review
Rating Tanwirul Afkar
  1. .
  2. .
  3. .
  4. .
  5. .

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *