Kajian Keislaman

Sembilan Nama Setan Beserta Profesinya

Iblis atau Setan merupakan salah satu makhluk Allah Swt yang tak akan berhenti menyesatkan manusia hingga hari kiamat nanti. Syekh Muhammad Nawawi al-Jawy, atau sering disebut dengan Imam Nawawi al-Bantany, dalam kitabnya Maraqy al-‘Ubudiyyah, halaman 33, [Cetakan Darul Kutub Islamiyah] menjelaskan tentang masalah ini. Beliau menyebutkan bahwa Iblis itu mempunyai sembilan anak dan masing-masing dari mereka memiliki nama dan profesi tertentu. Sebagaimana dalam penjelasan berikut :

Pertama, Khinzib. Merupakan nama bagi setan yang bertugas untuk membuat waswas orang yang melakukan Shalat.

Kedua, Walhan. Merupakan nama bagi setan yang bertugas untuk membuat waswas orang yang melakukan Wudhu’.

Ketiga, Zalanbur. Merupakan nama bagi setan yang bertugas di pasar dan menghasut penjual untuk melakukan hal maksiat seperti melakukan sumpah bohong, memuji-muji barang dagangannya dengan berlebihan dan mengurangi takaran atau timbangan.

Keempat, Al-A’war. Merupakan nama bagi setan yang mengurusi perzinaan. Setan ini meniupi lubang kemaluan lelaki dan lubang kelamin perempuan dengan tujuan merangsang mereka agar melakukan zina.

Kelima, Al-Wasnan. Merupakan nama bagi setan yang mendorong seseorang untuk tidur dan bermalas-malasan dalam melakukan ibadah. Setan ini memperberat kepala dan kelopak mata hingga membuat orang ngantuk dan tidak melakukan shalat atau ibadah lainnya. Setan ini juga mendorong pada perbuatan keji seperti zina dan lain-lain.

Keenam, Tibr. Merupakan nama bagi setan yang hadir saat datangnya musibah. Setan ini mendorong orang yang tertimpa musibah untuk mengekspresikan secara berlebihan seperti berteriak-teriak dan memukul mukul pipi, meratap dan ekspresi berlebihan lainnya yang menandakan tidak terima atas takdir atau ketentuan Allah.

Ketujuh, Dasim. Merupakan nama bagi setan yang mengganggu orang yang makan. Setan ini akan ikut makan bersama manusia ketika makan tidak membaca doa. Setan ini juga ikut dalam sebagian aktivitas manusia di rumah mulai masuk rumah, tidur di ranjang, memakai pakaian manusia yang tidak dilipat dan aktivitas lain yang tidak didahului dengan membaca doa saat melakukannya. Dalam riwayat lain, disebutkan bahwa setan ini berusaha untuk membangkitkan pertengkaran rumah tangga untuk membuat pasangan suami istri berpisah.

Kedelapan, Matun. Merupakan nama bagi setan yang bertugas untuk memprofokasi manusia menyebarkan berita bohong atau hoax. Setan ini menghembuskan kabar-kabar dusta kepada orang-orang agar menyebarkannya.

Kesembilan, Al-Abyaḍ.  Merupakan nama bagi setan yang bertugas untuk mengnganggu para nabi dan wali Allah. Karena sifat maksum para Nabi, mereka bisa selamat atas gangguan setan ini. Beda halnya dengan para Wali  yang harus berusaha untuk menangkal ganguan setan ini. Jika Allah berkehendak, Allah  bisa menyelamatkan para Wali, tetapi jika Allah tidak berkehendak maka para kekasih Allah ini juga bisa celaka dan menjadi tersesat.

Demikianlah Sembilan nama setan beserta profesinya menurut penjelasan Imam Nawawi al-Bantany. Semoga kita semua, dapat terhindar dari segala bujuk rayu setan dan berusaha semaksimal mungkin untuk selalu berada di jalan yang diridhai Allah. Amin.

Penulis: Zainal Abidin

5.0/5.0 Article rating
1 Review
Rating Tanwirul Afkar
  1. .
  2. .
  3. .
  4. .
  5. .

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *